Rabu, 26 April 2017

Jenis Bunga Sakura di Indonesia Lebih Dikenal Sebagai Bunga Bungur

Kalian suka mengunjungi taman bunga ? pernah melihat bunga sakura tumbuh di indonesia ? Mungkin yang kalian lihat itu adalah bunga bungur. Bunga bungur sangat mirib dengan bunga sakura yang ada di jepang. Jadi banyak yang mengira indonesia memiliki bunga sakura seperti yang ada di jepang.

Sebenarnya bunga Bungur ( Lagerstroemia ) termasuk salah satu jenis tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang biasanya lebih dikenal sebagai pohon peneduh yang ada di jalanan atau pekarangan rumah para warga. Warna bunganya itu merah jambu, bila mekar secara bersamaan akan terlihat sangat indah dan cantik, seperti suasana di jepang yang sangat menakjubkan. 

Taman Bunga Sakura di Indonesia Lebih Dikenal Sebagai Bunga Bungur

Sedangkan untuk pengembangbiakannya bunga bungur dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai. Biji bunga bungur berbentuk bulat berwarna coklat dan besarnya kira-kira sebesar kelereng. Selain itu, untuk alternatif budidaya lainnya bisa juga dengan cara pencangkokan.

Ada 2 jenis bunga bungur yang cukup populer sebagai tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah, diantaranya jenis bungur biasa / besar / kebo ( L. speciosa ), yang pohonnya bisa mencapai 8m, dan juga jenis bungur jepang ( L. faurieri, L. indica, dan hibrida keduanya ) tapi jenis ini dengan pohon yang lebih kecil, berbentuk perdu. Bungur besar juga dulunya banyak ditanam di daerah pekuburan. Dan kini, tanaman mirib sakura ini selain ditanam sengaja di area pinggir jalan raya dan pekaranagn rumah warga, bunga bungur mirib sakura ini juga banyak tumbuh liar di area tepian sungai.

Bagi kalian yang penasaran dengan bunga bungur, saya akan membagikan ciri-ciri tanaman bunga bungur, diantaranya : 
  • Batangnya bisa terlihat berwarna coklat dan agak mengkilap dengan banyak cabang. 
  • Cabangnya juga sering melengkung apalagi saat bunganya mekar, hal itu dikarenakan bunga bungur mekar secara bersamaan di bagian ujung batang, jadi berat yang dihasilkan mampu membuat batangnya menjadi melengkung.
Sedangkan untuk ciri-ciri daunnya berwarna hijau tunggal, dengan tangkai yang pendek dan daunnya tumbuh silang, jika kita lihat lebih teliti maka berbentuknya elips dan memanjang. Untuk warna bunganya berfasiasi, ada yang berwarna merah muda, ungu dan juga putih. Bunga mirib sakura ini bahkan berbunga sepanjang tahun.

Nah, itulah bunga sakura di indonesia. Lebih tepatnya bunga bungur yang bisa dikatakan bunga mirib sakura. Kalian tertarik untuk melihatnya dan menanmnya ? Silahkan cari di toko-toko bunga / tanaman, atau bisa juga mengambil bibitnya di pohonnya tersebut.

Share this

0 Comment to "Jenis Bunga Sakura di Indonesia Lebih Dikenal Sebagai Bunga Bungur"

Posting Komentar